Ferdy Ant | Makes Different with Your Own: Intel Atom

Intel Atom

Intel Atom, kelebihan dan kekurangan


Intel saat ini telah merilis dua versi processor ini (Z500-540 dan N270). Pada dasarnya Processor Atom merupakan "revolusi" Intel pada manufaktur processor, karena dibuat dengan dimensi fisik sangat kecil serta mengintegrasikan transistor berukuran kecil juga.


Karena itulah processor ini sangat hemat daya dan tidak begitu panas. Kedua faktor ini sangat penting untuk rancangan perangkat komputer mini seperti MID, UMPC, Nettop dan Netbook. Menurut informasi, Processor Intel Atom nantinya akan terintegrasi secara permanen (on-board) pada Motherboard seperti chipset, jadi tidak memungkinkan untuk di-upgrade-nya (walaupun secara teknis tetap dapat dilakukan). Kita juga akan mengenal platform Intel Atom Centrino pada Netbook, yang memiliki karakteristik sama dengan Centrino pada umumnya.

Notebook mini saat ini dinamakan Subnotebook (bukan Netbook), karena perangkat tsb masih menggunakan Processor notebook standar (Celeron, PDC, C2D, Intel ULV, atau Via on-board). Contoh subnotebook yang beredar saat ini adalah : Asus Eee PC, Sony Vaio, Classmate PC dan HP MiniNote. Kelemahan mendasar dari Subnotebook adalah kebutuhan daya yang sangat besar, dan panas yang berlebihan yang disebabkan oleh kerja Processor. Ini akan memboroskan battere, karena pada dimensi fisik notebook yang kecil maka jumlah cell battere juga tidak bisa berjumlah banyak. Dan ini akan menurunkan kinerja komputer tersebut. Maka dari itulah beberapa vendor mengganti storage HDD menjadi SSD (Solid-State Drive), karena akan menghemat battere. Ini dilakukan oleh Classmate PC dan Eee PC.

Dibawah merupakan dua varian Processor Intel Atom :

1. Intel Atom Z500 – Z540; digunakan sebagai processor dalam perangkat Mobile Device Internet (MID) atau Ultra Mobile PC (UMPC). Kedua perangkat ini merupakan ekosistem baru komputasi internet yang berukuran sangat kecil (mini) mirip seperti Playstation Portable.

2. Intel Atom N270; digunakan pada perangkat Nettop dan Netbook, yaitu dua ekosistem baru pada komputer desktop dan laptop yang berukuran kecil (tapi lebih besar dari MID/UMPC). Nettop merupakan padanan untuk PC Desktop, dan Netbook merupakan padanan untuk Notebook. Contoh Nettop adalah MB Intel D945GCLF.

Kelebihan :
- daya super irit
- menggunakan teknik pembuatan processor terbaru
- dingin, bahkan untuk versi desktopnya tidak perlu kipas
- ukurannya kecil sekali, cocok untuk perangkat portable

Kekurangan :
- kinerja rendah
- tidak multicore
- hanya cocok digunakan untuk kalangan terbatas saja (tidak untuk gamer, design grafis, video editing, dll)

0 komentar:

Copyright © 2008 - Ferdy Ant | Makes Different with Your Own - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template