Ferdy Ant | Makes Different with Your Own: GPRS - EDGE - UMTS - 3G - HSDPA - HSUPA

GPRS - EDGE - UMTS - 3G - HSDPA - HSUPA

Mungkin banyak orang awam yang masih bingung atau terbingungkan dengan istilah-istilah GPRS - EDGE - UMTS - 3G - HSDPA - HSUPA ini. Memang benar, saya sendiri sebelumnya juga begitu. Tetapi setelah browsing sana sini akhirnya dapet juga.. lumayan buat tambah-tambah ilmu :)

Berikut yang keterangan singkat dari istilah-istilah di atas :

GPRS = General Packet Radio Service. Layanan tambahan dari GSM network dalam rangka peningkatan kecepatan akses data dari maksimum 9,6 kbps menjadi maksimum 56 kbps. Yang artinya apabila TRX sendirian, maka kecepatannya bisa 56kbps. Tapi begitu ada pengguna lain maka akan secara otomatis terbagi sejumlah pengguna. Semakin banyak pengguna, semakin kecil alokasi bandwidth yang diterima. GPRS sering disebut sebagai teknologi 2,5G.

EDGE = Enhanced Data rates for GSM Evolution. Teknologi peningkatan dari GPRS. Di teknologi EDGE ini kecepatan maksimum data rates bertambah menjadi 236 kbps. Kondisi ini tercapai apabila hanya digunakan sendirian menduduki satu TRX di BTS.EDGE sering disebut sebagai teknologi 2,75G.

UMTS = Universal Mobile Tele Services. Adalah nama standard sistem telekomunikasi. UMTS menjanjikan standard pelayanan telekomunikasi bergerak (voice dan sms) serta data bearer yang lebih mutakhir dari sisi kecepatan, protokol dan koneksi. UMTS mensyaratkan data bearer speed 144 kbps (satelit dan rural jarak jauh), 384 kbps di pemukiman dan 2 Mbps di indor dan rural jarak dekat.

3G = Third Generation. Adalah implementasi UMTS di lapangan. Menjanjikan kecepatan data sebesar 384 kbps maksimum downlink (64 kbps uplink) disamping standar pelayanan voice dan sms.

HSDPA = High Speed Downlink Packet Access. HSDPA fase pertama berkapasitas 4,1 Mbps. Kemudian menyusul fase 2 berkapasitas 11 Mbps dan kapasitas maksimal downlink peak data rate hingga mencapai 14 Mbit/s.Namun kecepatan data setinggi ini terpaksa dilakukan dengan mengorbankan coverage signal yang jauh lebih pendek dari normalnya coverage GSM. HSDPA sering disebut sebagai teknoogi 3,5G

HSUPA = High Speed Uplink Packet Access. Seperti HSDPA tetapi uplink stream lebih tinggi. Memiliki kemampuan uplink hingga 5,76 Mbps Beberapa sistem membutuhkan HSUPA, misal network server di central office yang melayani banyak cabang di lain tempat dengan wireless, maka paling cocok koneksi di sisi itu adalah HSUPA karena metode setandarnya mengijinkan adanya mode transmit mandiri.

0 komentar:

Copyright © 2008 - Ferdy Ant | Makes Different with Your Own - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template