Ferdy Ant | Makes Different with Your Own: Apakah CDMA - TDMA - FDMA - WCDMA

Apakah CDMA - TDMA - FDMA - WCDMA

CDMA adalah sebuah metoda multiplexing dan akses bersamaan. Selain CDMA, istilah lain yang umum adalah TDMA dan FDMA. TDMA membagi sebuah frekuensi menjadi beberapa slot waktu. FDMA membagi akses yang berbeda ke dalam frekuensi yang berbeda. Sedangkan CDMA tidak membagi berdasarkan frekuensi maupun slot waktu. CDMA memanfaatkan lebar spektrum frekuensi secara bersamaan. Untuk informasi teknis lebih lanjut silakan baca CDMA di Wikipedia :).



Metoda CDMA kemudian digunakan oleh Qualcomm untuk membuat sebuah standar telepon selular yang dinamakan cdmaOne. Pengembangan dari cdmaOne adalah CDMA2000 yang umum digunakan oleh penyedia layanan selular CDMA di Indonesia. Standar-standar ini mulanya digunakan di Amerika Utara.

Sementara itu, standar yang umum digunakan di luar Amerika Utara adalah GSM. GSM sendiri menggunakan gabungan metoda TDMA dan FDMA. Karena metoda CDMA memungkinkan penggunaan rentang frekuensi yang lebih efisien, konsorsium GSM juga mengembangkan mengadopsi standar yang menggunakan metoda multiplexing CDMA, standar ini dinamakan W-CDMA.

CDMA2000 dan W-CDMA tidak kompatibel satu sama lain walaupun keduanya menggunakan metoda multiplexing CDMA. Ponsel CDMA2000 tidak dapat menggunakan jaringan W-CDMA dan juga sebaliknya. Walaupun demikian ada pula ponsel dual-band dual-mode yang dapat menggunakan kedua jaringan.

CDMA pada tiga kalimat di bawah ini memiliki arti yang berbeda:

  • CDMA adalah salah satu metoda multiplexing.
  • TelkomFlexi adalah penyedia layanan seluler CDMA.
  • Nokia 6680 adalah ponsel GSM+CDMA.

Penggunaan istilah CDMA yang paling umum digunakan di masyarakat saat ini adalah yang nomor dua. Kondisi ini mungkin akan lebih rancu lagi setelah penyedia layanan GSM meluncurkan layanan W-CDMA.

0 komentar:

Copyright © 2008 - Ferdy Ant | Makes Different with Your Own - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template