Ferdy Ant | Makes Different with Your Own: Terbaik 2009 Sebagai Referensi AntiVirus 2010

Terbaik 2009 Sebagai Referensi AntiVirus 2010

Laporan AV-Comparative.Org sering dijadikan rujukan untuk mengetahui perkembangan kinerja aplikasi antivirus secara berkala. Di tahun 2009, peringkat produk terbaik (overall) yang sebelumnya ditempati oleh AVIRA (2008) digeser oleh Symantec. Berikut ini adalah ulasan dari laporan kinerja Antivirus sepanjang 2009.

Produk Uji
Produk antivirus yang dipilih didasarkan laporan pemakaian terbanyak, baik dari jumlah pembelian maupun banyaknya produk yang diunduh (download). Berikut ini adalah produk antivirus yang diuji di lab AV-Comparative (diurutkan sesuai abjad):

Avast! Free v5.0
AVG Antivirus v9.0
AVIRA Antivir Premium v9.0
BitDefender Antivirus 2010
eScan Antivirus v10
ESET NOD32 Antivirus v4.0
F-Secure Antivirus 2010
G DATA Antivirus 2010
Kaspersky Antivirus 2010
Kingsoft Antivirus 2009+
McAfee Viruscan Plus 2010
Microsoft Security Essentials v1.0
Norman Antivirus & Anti-Spyware v7.30
Sophos Antivirus v9.0
Symantec Norton Antivirus 2010
TrusPort Antivirus 2010

Total terdapat 16 produk antivirus yang diujikan di Lab AV-Comparative. Beberapa pendatang baru yang masuk nominasi pengujian sejak 2008 adalah eScan Antivirus, Microsoft Security Essentials, dan TrusPort Antivirus. Pengujian dilakukan berdasarkan masing-masing metode uji yang selanjutnya langsung diberikan skor. Adapun untuk skor tertinggi diberikan pada peringkat tiga besar dengan kode Emas (Gold) untuk peringkat pertama, Perak (Silver) untuk peringkat kedua, dan Perunggu (Bronze) untuk peringkat ketiga. Demikian pula, untuk memberikan rating secara keseluruhan (overall test).











Pemberian peringkat produk terbaik didasarkan pada penghitungan rata-rata total skor untuk hasil setiap pengujian. Seperti terlihat di atas, sekalipun ESET memiliki perak (silver) lebih banyak dibandingkan Kaspersky, akan tetapi skor pengujian Kaspersky lebih tinggi daripada ESET. Dalam hal ini, produk terbaik untuk tahun 2009 adalah Symantec Norton Antivirus 2010 yang memiliki nilai rata-rata skor paling tinggi. Posisi produk terbaik menggeser AVIRA Antivir pada tahun 2008. Sekalipun demikian, AVIRA Antivir masih cukup kokoh berada di posisi 5 besar. Salah satu pendatang baru yang cukup diperhitungkan di sini adalah kehadiran Microsoft Essential yang mampu bertahan di kelompok 10 besar, bahkan mampu mengungguli AVIRA.













Adapun hasil pengujian untuk 2 kelompok waktu pengujian sepanjang 2009 diperlihatkan di bawah ini.


















Hasil pengujian keseluruhan untuk masing-masing metode pengujian dapat dilihat pada tabel di bawah ini.









On Demand Malware Detection
Pengujian dilakukan untuk mengetahui kemampuan deteksi malware. Ada tiga antivirus lainnya yang sebenarnya memiliki tingkat deteksi malware yang cukup tinggi, yaitu AVIRA, BitDefender, eScan, dan GDATA. Namun, mereka semua banyak ditemukan kegagalan pada uji false positive alarm.

Proactive On Demand Detection Test
Pengujian yang ditujukan untuk mengetahui kemampuan antivirus yang secara proaktif untuk mendeteksi malware yang tidak dikenal. Produk AVIRA dan GDATA sebenarnya memiliki tingkat deteksi proaktif yang tinggi. Namun, keduanya juga ditemukan sering mengalami kegagalan dibandingkan Symantec, ESET, dan McAfee.

False Positive Test
Pengujian untuk mengetahui kesiapan produk antivirus untuk tidak mudah terinfeksi oleh virus dan sejenisnya. Oleh karenanya, pihak AV-Comparative memberikan perhatian cukup besar untuk kriteria ini. Semakin rendah produk terinfeksi, maka semakin tinggi peringkatnya. Dari semua antivirus yang diujikan, hanya tiga produk yang dikategorikan cukup aman dari infeksi virus, yaitu Microsoft, F-Secure, dan Symantec.

On Demand Speed Scanning Test
Metode pengujian untuk mengetahui kecepatan pemindaian dari produk antivirus untuk pemindaian sistem secara keseluruhan. Selain cepat dalam pemindaian, produk antivirus juga diharuskan meminimalisasi kemungkinan virus yang lolos deteksi. Untuk kriteria ini dimenangkan oleh Kingsoft, Symantec, dan Avast!.

Overall Performance Test
Pengujian untuk mengetahui atau memastikan apabila produk antivirus berada dalam kondisi siap kerja pada situasi apapun ketika komputer sedang bekerja. Untuk kriteria ini dimenangkan oleh AVIRA, Kingsoft, dan F-Secure.

On Demand Potentially Unwated Applications Detection Test
Kriteria pengujian untuk mengetahui kemampuan produk antivirus untuk mendeteksi aplikasi tidak dikenal yang umumnya sering beredar di internet. Dari hasil pengujian, keseluruhan produk antivirus memiliki kemampuan dengan persentase 98% ke atas. Namun, untuk pemenangnya adalah TrustPort dan GDATA (Gold), McAfee dan AVIRA (Silver), dan Symantec, F-Secure, BitDefender, dan eScan (Bronze).

Malware Removal Test
Produk antivirus sekarang ini sudah menyertakan fitur untuk mendeteksi dan menghapus malware yang ditemukan di internet. Dari hasil pengujian, pemenangnya secara berurutan adalah eScan, Symantec, dan Microsoft.

Whole Product Dynamic Protection Test
Kriteria uji ini ditujukan untuk mengetahui kemampuan produk antivirus dalam memberikan fitur keamanan internet (internet security suites). Pemenang untuk kriteria ini adalah Symantec, Kaspersky, dan AVIRA. Menurut pihak AV-Comparative, Symantec dan Kaspersky memiliki peringkat yang sebenarnya sama. Namun, diputuskan pemenangnya adalah Symantec karena dinilai lebih minim peringatan (warning) ketimbang Kaspersky.

Kesimpulan
Sepanjang pengujian di tahun 2009, Symantec Norton Antivirus 2010 memiliki keunggulan yang dominan dari semua kriteria pengujian AV-Comparative. Dari delapan kriteria pengujian, Symantec berada pada posisi 3 besar atau hanya gagal masuk 3 besar pada dua kriteria dari delapan kriteria uji. Sekalipun Kaspersky hanya memiliki dua kriteria uji yang masuk tiga besar, akan tetapi skor pengujian rata-rata masih lebih tinggi dibandingkan dengan ESET Antivirus. Faktor terpenting untuk meloloskan menjadi produk antivirus terbaik adalah faktor uji kegagalan, uji stabilitas kerja, dan rendahnya kemungkinan infeksi.

Sebagai pendatang baru, Microsoft Essentials Security dianggap cukup digdaya menghadapi kontestan 10 besar lainnya. Produk antivirus dari Microsoft bahkan mampu mengungguli jawara di 2008, yaitu AVIRA. Produk antivirus dari Microsoft sebenarnya adalah versi gratis, akan tetapi hanya untuk sistem operasi Windows yang dikenali asli (genuine). Norman Antivirus yang sempat populer di Indonesia ternyata tidak banyak berkutik dari hasil pengujian real-time di Lab AV-Comparative, bahkan terlempar dari jajaran 10 besar.

Hasil uji di 2009 tidak sepenuhnya menjamin dan dapat dijadikan acuan untuk perspektif di 2010. Terdapat kemungkinan yang sebaliknya, jawara (tiga besar) di 2009 akan jatuh di 2010. Pada prinsipnya, keseluruhan produk antivirus yang diujikan oleh Lab AV-Comparative dianggap cukup layak untuk menjadi proteksi atau keamanan komputer. Jika Anda menggunakan salah satu di antaranya, itu berarti keamanan di komputer Anda dianggap sudah memadai. Pengujian di Lab AV-Comparative dilakukan pada kondisi yang sangat ekstrim di mana kondisi ini jarang ditemukan di rumah Anda. Lagipula, hasil pengujian di tahun 2009 tentunya akan dijadikan referensi bagi pembuat produk antivirus untuk dilakukan penyempurnaan pada versi di tahun 2010, baik melalui update program maupun update virus database.

Tambahan
Untuk melengkapi hasil uji dari lab AV-Comparative, ada baiknya jika melihat pula ulasan hasil uji individu di tautan berikut ini:
AV-Comparative Main Test

2 komentar:

ADy "EditoRev" said...

Waw...Kaspersky Anti Virus masuk jajaran top...
Tapi kalo Kaspersky-nya yang edisi Internet Security gimana mas..??Q punya yg KIS 2010, fiturnya canggih2 mas.. =D

Ferdy Hernawan said...

KIS keren juga kok.. sama ma KAV paket update nya juga sama,tapi lebih dikhususkan buat pengguna yg sering surfing di internet. Tapi sedikit lebih berat dari KAV.

Copyright © 2008 - Ferdy Ant | Makes Different with Your Own - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template