Ferdy Ant | Makes Different with Your Own: Harddisk Bigfoot dan Bigfeet apakah anda percaya keberadaannya??

Harddisk Bigfoot dan Bigfeet apakah anda percaya keberadaannya??

Percayakah anda bahwa pernah ada harddisk sebesar ini?? Bagi yang baru mengenal Komputer mungkin tak pernah terpikirkan perkembangan harddisk jaman dahulu yang seperti terlihat dalam gambar. Itu adalah nyata karena saya juga masih punya satu. Saya menemukannya dari dalam tumpukan pc tua di gudang kantor.

Bigfoot harddisk adalah merek harddisk dipasarkan oleh Quantum Corporation pada pertengahan tahun 1990-an yang memiliki ukuran fisik harddisk yang lebih besar dari harddisk biasa pada saat itu. Ukuran harddisk pada biasanya memiliki diameter 3,5 ", sementara harddisk Bigfoot adalah 5,25" dan lebar sesuai standar IBM PC drive bay. Bayangkan perbandingannya!! Betapa besar dan beratnya harddisk Bigfoot.

Alasan kenapa dibuat harddisk Bigfoot adalah karena memiliki data density yang lebih rendah dan bagian yang lebih sedikit bergerak. Sehingga di awal tahun 1990-an harddisk Bigfoot pernah berjaya karena dapat menyimpan data dalam jumlah yang lebih besar dari harddisk lain pada era nya. Quantum juga mampu memberikan produk pada harga lebih rendah, sehingga lebih kompetitif. Dan juga karena dimasukkannya harddisk Bigfoot dalam OEM PC seperti produsen PC HP dan Compaq, sehingga banyak masyarakat yang menggunakannya.

Harddisk Bigfoot diproduksi dalam kapasitas 1.28GB, 1.6GB, 2.1GB, 2.5GB, (single platter) 3.2GB, 4.3GB, 6.4GB, 8.0GB, 10.0GB, 12.0GB, 13.0GB, 19.2GB (double platter) dan yang dihasilkan oleh berbagai pabrikkan yang berbeda di Malaysia, Singapura, Jepang dan lokasi lain. Antarmuka yang digunakan dengan komputer adalah ATA-3 interface. Harddisk Bigfoot adalah termasuk harddisk yang pertama yang mendukung Logical Blokir Addressing (LBA) dan Self-Monitoring, Analysis, Report and Technology (SMART).

Tapi dikarenakan permintaan kapasitas yang semakin besar dan penulisan data yang semakin cepat. Maka untuk meningkatkan performanya harddisk Bigfoot dibuat dengan tekhnologi lebih baik lagi yang menjadikannya teramat mahal, hingga tidak lagi terjangkau oleh daya beli masyarakat. Dan akhirnya di akhir tahun 1990-an harddisk Bigfoot dihentikan produksinya.

Tapi untuk harddisk yang satu ini, apakah anda percaya keberadaannya??
Biarpun saya juga belum yakin 100% tapi ini adalah gambar asli yang teman saya dapat dari seseorang yang bekerja di IBM Corp.
Harddisk ini diberi nama Bigfeet , entah benar atau tidak keberadaannya.. tapi belum ada yang bisa membuktikannya..

Siapa yang bisa membuktikan kebenarannya??Tolong beri tau saya!!

2 komentar:

blog lilis said...

hehheh..harddisk segede itu kalo bwt nimpuk kepala bisa pecah kali y??? hihihi...

Ferdy Hernawan said...

Iya kali'.. q juga lum pernah nyoba :D hehe,,

Copyright © 2008 - Ferdy Ant | Makes Different with Your Own - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template