Ferdy Ant | Makes Different with Your Own: Teknik menghilangkan virus

Teknik menghilangkan virus

Teknik menghilangkan virus


Fungsi dari antivirus adalah mencegah virus menginfeksi komputer. Walaupun sekarang ini banyak antivirus yang mempunyai proactive detection ( kemampuan mendeteksi virus baru yang belum masuk database virus ) yang bagus, tetapi bila komputer telah terinfeksi virus, biasanya antivirus yang ter-install tidak bisa berbuat banyak.

Kenapa? Karena, bila Komputer sudah terinfeksi virus, hal pertama yang biasanya dilakukan virus adalah menon-aktifkan antivirus yang ada, kalaupun tidak berhasil maka virus akan mencegah antivirus untuk menghapus dirinya. Bagaimana jika hal ini terjadi pada kita?

Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan jika komputer sudah terinfeksi virus, dan virus yang sudah terinstall tidak sanggup menanganinya.


1. Gunakan antivirus lain

Apabila masih bisa install Antivirus lain, maka sebaiknya gunakan program antivirus yang terbaru, lakukan scan jika sudah selesai install akan lebih baik jika di update terlebih dahulu. Untuk kebanyakan antivirus hal ini tidak berhasil, karena virus biasanya sudah mengantisipasi hal ini.

Alternatifnya, gunakan antivirus tipe baru. Misalnya RISING Antivirus 2008 Free Edition, yang baru saja di release.

2. Scan Hardisk di Komputer lain

Bila memiliki komputer lain dengan antivirus yang selalu update, maka cobalah scan di komputer tersebut. Cara terbaik adalah dengan melepas hardisk dan dipasangkan di komputer tersebut, kemudian di scan secara menyeluruh. Hal ini tidak bisa dilakukan di Laptop yang masih garansi, karena jika melepas hardisk akan merusak label garansi di Laptop. Jadi mungkin dengan cara ketiga.

3. Scan dengan antivirus di Bootable CD

Bootable CD yang dimaksud adalah CD yang berisi sistem operasi bisa sederhana ataupun kompleks yang bisa dijalankan komputer tanpa memerlukan hardisk. Dengan cara ini, semua program yang ada di hardisk, termasuk virus tidak bisa berjalan, tetapi bisa diakses melalui Bootable CD.

Ada beberapa Bootable CD Gratis yang sudah disertakan antivirus dan bisa dimanfaatkan, antara lain :

  • Ultimatebootcd (UBCD), Bootable CD berbasis DOS, sehingga bagi yang belum terbiasa akan kesulitan. Antivirus yang disertakan hanya F-Prot Antivirus for DOS ( Virus definition: 4 May 2007), McAfee Antivirus Scanner 4.40.0 (Virus definition: 3 May 2007) dan BugHunter. Sehingga sepertinya tidak mencukupi karena tidak update lagi. Download dan selengkapnya di http://www.ultimatebootcd.com
  • UBCD4Win (Ultimate Boot CD for Windows). Ini merupakan pengembangan dari UBCD, dan sudah berbasis windows XP sehingga lebih memudahkan penggunanya. Tetapi untuk membuat Bootable CD-nya diperlukan CD Instalasi Windows XP. Ukurannya cukup besar, yaitu sekitar 230 MB. Informasi selengkapnya bisa dibaca artikel tentang UBCD for Windows disini. Untuk download bisa didapat di http://www.ubcd4win.com
  • AntiVir Rescue System, Bootable CD ini berbasis Linux. Dibanding Bootable CD sebelumnya, AntiVir Rescue System merupakan Bootable CD yang khusus menangani virus, selain itu aplikasi ini selalu update, bahkan mungkin setiap hari selalu ada tambahan virus baru, sehingga sangat bermanfaat. Download di http://www.avira.com/en/support/support_downloads.htm

Bila hanya dipakai untuk menangani virus, maka AntiVir Rescue System lebih unggul. Selain besarnya hanya sekitar 55 MB (UBCD4Win sekitar 230 MB) AntiVir Rescue System senantiasa update, sehingga lebih mampu mendeteksi virus-virus baru. Akan tetapi jika memerlukan aplikasi lain, untuk perbaikan, recovery, mengecek hardware dan lainnya, maka UBCD4Win jelas lebih unggul.

4. Scan dan hapus virus secara manual

Cara ini bisa dilakukan bagi yang sudah cukup familiar dengan Sistem operasi khususnya windows, berbagai teknik virus (menyebar, menginfeksi dll), berbagai informasi tentang file atau directory komputer dan lainnya. Cara ini sebaiknya dilakukan melalui Bootable CD ( bisa digunakan Bootable CD dari cara ke 3 diatas atau dengan Linux Live CD seperti Ubuntu, Knoppix dan lainnya.

5. Install ulang

Ini alternatif yang terakhir jika cara-cara diatas tidak bisa atau menginginkan cara cepat. Akan tetapi selesai install ulang belum tentu komputer bebas virus, bisa saja virus menginfeksi program lainnya yang di install kemudian. Dan juga jika kita sudah meng-install program komputer yang cukup banyak, maka bisa jadi install ulang memerlukan waktu cukup lama dan melelahkan. Yang terpenting jika ingin melakukan install ulang, pastikan CD Driver komputer/laptop sudah tersedia.

Cara Lain ?

Mungkin masih ada cara lain, seperti scan online, format hardisk (cara paling ekstrim tetapi paling bersih..).

Semoga artikel ini bisa membantu mengatasi virus yang semakin merajalela.

0 komentar:

Copyright © 2008 - Ferdy Ant | Makes Different with Your Own - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template